23 Agustus 2023

Perbedaan British English dan American English cukup kentara. Di British Jakarta International School, British English adalah acuan di dalam komunikasi pembelajaran. Semenjak didirikan di bawah naungan kedutaan Inggris di tahun 1974, sekolah ini terus berkembang pesat dan mengganti nama menjadi British School Jakarta di 2014.

3 Perbedaan British English dan American English

Layaknya Indonesia dan Malaysia, bahasa Inggris di Inggris dan Amerika terdengar dan terlihat sama. Namun, ada beberapa perbedaan kentara di antara keduanya, seperti berikut ini:

1. Aksen

Perbedaan British English dan American English pertama adalah pada aksen. Anda mungkin mengalami kesulitan memahami pengucapan para aktor jika baru pertama kali menonton serial Game of Thrones atau Harry Potter. Pengucapan tiap kosa kata dengan aksen british memang terkesan kurang jelas dan kental.

Salah satu penyebabnya adalah pelafalan huruf r yang cenderung tidak terucap sama sekali. Dalam American English, kata alright akan dibaca olrait di mana huruf r akan terdengar.

Sedangkan untuk pelafalan dalam aksen british, huruf r di dalam kata alright bisa tidak terdengar sama sekali dan cenderung digantikan dengan huruf w. Oleh sebab itu, Anda mungkin merasa kesusahan memahami kata sederhana jika Anda lebih sering mendengar American English.

2. Kosa Kata

Perbedaan yang kedua terdapat pada kosa kata. Sebutan suatu objek yang sama di Inggris dan Amerika Serikat bisa jauh berbeda. Perbedaan ini pun terkadang mengundang kebingungan, apalagi ditambah dengan adanya kosa kata slang yang hanya digunakan di Inggris.

Sebagai contoh, sepak bola di dalam bahasa Inggris yang Anda ketahui adalah soccer. Jika Anda menggunakan kosa kata ini dalam menyebutkan permainan sepak bola di Inggris, semua orang mungkin akan kebingungan. Hal ini disebabkan kosa kata untuk sepak bola dalam British English adalah football. 

3. Penulisan

Perbedaan yang paling kentara secara visual adalah pada penulisannya. Jika Anda ingin menulis dengan Inggris British, Anda mungkin perlu mengetahui perbedaan dasarnya dengan Inggris Amerika.

Untuk kosa kata dengan akhiran –or di American English, penulisan akhiran tersebut dalam Inggris British akan berganti menjadi –our.

Sebagai contoh, kosa kata dengan akhiran –or dalam American English adalah armor, behavior, honor, color, dan flavor. Di dalam British English, semua kosa kata itu akan berubah menjadi armour, behaviour, honour, colour, dan flavour. 

Jadi, Anda Pilih British English atau American English?

Perbedaan British English dan Amerika English cukup terlihat dengan jelas. Jika Anda masih kesulitan untuk membedakan keduanya, Anda bisa mulai mendengarkan aksen British lebih sering. Ini akan membantu Anda untuk lebih mudah beradaptasi dengan pelafalan dalam British English.