Kategori: Kesehatan

Penyebab dan Mengatasi Kram Perut

Paling nggak enak kalo lagi pergi sama temen-temen tiba-tiba ada masalah yang datang di tubuh. Perasaan mulas, pusing, kram dan teman-temannya kadang sangat mengganggu baik ketika kita lagi beraktivitas atau sekedar bersantai di rumah. Semua rasa sakit yang datang mendadak itu akan menghancurkan mood dalam sekejap. Dan di saat kita menerima diagnosa penyakit, ketahuilah penyakitnya.

Yaps, mengetahui penyebab dari penyakit kambuhan yang mengganggu merupakan hal yang penting, sehingga ketika kambuh kita bisa langsung melakukan penangan pertama untuk meringankan atau langsung menghilangkan penyakit itu, seperti penyakit kram perut. Penyakit ini merupakan rasa sakit yang datang di rongga perut kita. Penyebabnya biasanya merupakan gejala dari penyakit ringan, tapi jika datangnya sangat parah, bisa pertanda dari penyakit parah.

Penyebab dari kram perut

Datangnya gangguan ini bisa disebabkan karena adanya kontraksi otot di rongga perut. Gimana bisa terjadi? Biasanya terjadi paling umum ketika wanita menstruasi, atau sewaktu mengalami masalah pencernaan. Jika gangguan terasa sangat parah, kemungkinan bisa menjadi pertanda adanya gangguan tubuh yang lebih berat, misalkan kanker atau penyakit berat lainnya.

Lebih baik segera periksakan ke dokter jika masalah kram perut dirasa semakin parah dan nggak membaik dalam beberapa hari. Karena bisa berarti ada masalah yang berat seperti peradangan pada organ, atau masalah kehamilan. Tanpa dilakukan diagnosa sesegera mungkin pada gangguan ini yang parah, bisa menyebabkan resiko seperti, dehidrasi, kebingungan sampai koma, gagal ginjal, mandul, gagal hati, dan lainnya. Demi menghindari resiko seperti itu sebaiknya cepat bawa ke dokter.

Cara mengatasi kram perut

Penanganan masalah ini akan disesuaikan dengan diagnosa yang ada, sehingga pengobatan yang dilakukan bisa sesuai dengan masalah sebenarnya di dalam perut dan mampu mengurangi atau menghilangkan kram perut ini sebelum dilakukan pemeriksaan lanjutan guna mengetahui masalah yang menjadi pemicu utama dari rasa sakit ini. Pengobatan akan dilakukan sesuai masalahnya, semisal seperti contoh masalah di bawah ini,
1.Gangguan ini terjadi karena masalah kewanitaan seperti sedang menstruasi. Keadaan seperti ini bisa menyebabkan gangguan pada perut yang bisa ditangani dengan pemberian botol berisi air hangat atau bantalan pengompres. Kemungkinan rasa sakit akan berkurang.
2.Gangguan yang datang karena adanya masalah pencernaan seperti maag atau masalah lainnya bisa diobati dengan penggunaan obat maag yang dijual dipasaran, atau membeli obat kram perut setelah mendapatkan resep dokter.
3.Jika hanya ingin menghilangkan rasa sakitnya, bisa dengan obat penghilang rasa sakit yang dijual di pasaran, atau dengan mengunjungi dokter dan meminta obat dengan takaran sesuai resep.
4.Untuk masalah kesehatan yang lebih parah dan menjurus ke penyakit berat yang susah pendeteksiannya, kemungkinan akan diberikan obat untuk mengurangi gejala yang datang, misal gejala berupa diare, akan diberikan obat diare dan sebagainya.

Untuk mengurangi resiko akibat gangguan ini, sebaiknya segera lakukan pertolongan pertama, jika masih belum ada kemajuan, segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hindari Kanker Payudara Dengan 12 Cara Mudah Ini

Penyakit kanker merupakan penyakit ganas yang sampai sekarang penawarnya belum ditemukan. Para ahli dan peneliti sedang berusaha kerasa agar mampu menemukan obat yang bisa menyembuhkan total dari keganasan penyakit ini, sehingga nggak ada lagi orang yang meninggal setelah lama berjuang melawan penyakit ini. Tapi buat kita yang masih sehat, lakukan pencegahan sebisamu.

Pencegahan yang bisa kita lakukan merupakan hal-hal kecil yang sebenernya biasa kita lakukan, tapi sangat penting untuk mencegah kita terserang penyakit kanker, khususnya kanker payudara yang udah membunuh banyak wanita. 12 cara mudah untuk menghindari kanker payudara ternyata simpel banget dan merupakan kegiatan kecil tapi berarti untuk membuat kita selalu sehat dan terjauhi dari penyakit ganas seperti kanker payudara tersebut.

Cara Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengindari Kanker Payudara

Kalo urusannya dengan penyakit ini, slogan “lebih baik mencegah daripada mengobati”, akan amat sangat terasa, karena setelah sakit, sehat mahal harganya.

1.Atur pola makan

Pada dasarnya kemunculan kanker dari pola makan kita yang salah. Konsumsi makanan yang nggak sehat bisa mengakibatkan tubuh terserang penyakit ini. Sebaiknya, hindari makanan yang bernutrisi rendah dan ganti dengan sayuran dan buah-buahan.

2.Perbanyak makan makanan dengan serat

Serat memang sangat baik bagi tubuh, terlebih serat yang nggak larut, karena mampu membuang kelebihan hormon wanita, selain itu akan membuat hormon tersebut bekerja lebih keras.

3.Lebih baik jangan makan makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar mengandung zat karsinogenik, 12 cara mudah untuk menghindari kanker payudara salah satunya dengan menghindari bagian yang gosong hingga seperti arang dari proses pembakaran, bagian inilah yang membahayakan untuk dimakan karena membawa racun.

4.Hentikan merokok

Rokok mematikan, di bagian bungkusnya aja udah ada peringatannya. Yaps, rokok mampu menambah racun di dalam tubuh, sehingga mampu memunculkan kanker.

5.Stop minum alkohol

Selain rokok, alkohol juga sama nggak baiknya untuk tubuh. Selain membuat kita terserang obesitas, alkohol juga mempunyai kandungan zat karsinogenik.

6.Rajin olahraga

Olahraga nggak pernah memberikan kerugian, kecuali dilakukan berlebihan. Olahraga menjadi 12 cara mudah untuk menghindari kanker payudara, membuat tubuh segar karena zat sisa metabolisme tubuh keluar, termasuk racun dan kotoran tubuh dan zat karsinogenik yang mengancam.

7.Selalu kontrol berat badan

Berat badan yang terkontrol akan menjauhkan kita dari penyakit, termasuk kanker. Karena kita akan jauh dari obesitas.

8.Periksa payudara

Jangan malu, pemeriksaan payudara penting untuk mengetahui apakah ada perubahan pada payudara, sehingga bisa langsung melaporkan begitu ada perubahan yang aneh.

9.Deteksi benjolan mencurigakan

Gejala awal kanker payudara berupa adanya benjolan, sehingga perlu mengetahui ada nggaknya benjolan itu.

10.Menyusui anak

Menyusui bisa menghindarkan kita dari kanker, jadi jangan ragu menyusui anakmu ya.

11.Tambahan suplemen herbal

Ada banyak obat atau suplemen dari bahan alami yang mampu mencegah datangnya penyakit ini, bisa dicoba lho.

12.Hindari radiasi sesedikit mungkin

Datangnya kanker juga bisa dipicu dari radiasi yang terjadi, sehingga minimalkan paparannya agar nggak ada kanker yang tumbuh.

Tentang Kanker Ovarium – Hal yang Wanita Harus Ketahui!

Jaman semakin modern, tapi penyakitnya juga semakin maju. Banyak penyakit baru yang nggak ada ketika kita masih kecil, dengan obat yang masih belum ditemukan. Dengan virus yang semakin canggih kayak yang diomongin iklan di TV itu, membuat kita harus ekstra hati-hati dalam menjalani hidup sekarang ini. Apalagi dengan teknologi yang ada.

Teknologi memang sebuah kemajuan dalam peradaban hidup manusia, tapi kemajuan teknologi pasti akan memberikan dampak positif dan negatif, positif dalam memudahkan hidup manusia, negatif karena mampu menimbulkan penyakit baru mengerikan. Kanker ovarium – hal yang wanita harus tau karena gejalanya nggak bisa terdeteksi di awal-awal stadiumnya. Dengan mengetahui hal-hal yang mempengaruhi serta gimana cara menghindari terjangkit penyakit ini, kita bisa terbebas.

Inilah Fakta Penting Kanker Ovarium Yang Harus Diketahui Wanita

Kanker merupakan penyakit berat yang masih diselidiki kelemahannya, sehingga mampu ditemukan obat yang bisa membersihkan sekaligus melindungi manusia dari penyakit ini. Tapi disamping itu, kita sebaiknya mengetahui informasi tentang penyakit ini agar tau apa yang harus dilakukan agar tetap terhindari dan mampu melindungi keluarga dari bahaya penyakit ini, check this out,

Kanker ovarium – hal yang wanita harus tau,

1.Resiko terjangkit lebih besar dengan adanya riwayat penyakit di keluargamu

Riwayat penyakit keluarga mampu menjadi catatan tentang penyakit apa aja yang bisa menyerangmu dari catatan medisnya. Termasuk dalam kasus kanker ovarium, kamu lebih beresiko terserang kanker ini jika ada keluarga, ibu, saudara perempuan, atau lainnya yang mempunyai penyakit ini. Hal ini udah dibuktikan dari banyaknya studi kasus tentang kanker ovarium.

2.Gejala kanker ovarium mirip dengan penyakit pencernaan umum

Ketika seseorang mengidap kanker ovarium di tubuhnya, pada awal tahap perkembangan sel, kanker ovarium – hal yang wanita harus tau adalah nggak ada gejala yang terlihat, baru pada pertengahan stadium penyakitnya gejala akan nampak bahkan memburuk dari waktu ke waktu.

Adapun gejala kanker ovarium adalah perut terasa tertekan entah terasa kenyang atau kembung, perasaan tidak nyaman pada pinggul dan terasa nyeri di pinggul, ada gangguan pencernaan seperti begah dan mual, ada perubahan di kandung kemih dan usus seperti sering sembelit atau buang air kecil, nafsu makan berkurang atau cepet kenyang, perut terasa tebal dan ketika pakai baju rasanya sesak, lemah lesu.

3.Tes untuk kanker ovarium – hal yang wanita harus tau lainnya

Ketika wanita merasa ada yang nggak beres dengan tubuhnya, mereka lantas akan memeriksakan diri ke dokter. Dan ketika dilakukan pemeriksaan bahkan sampai melakukan berbagai macam tes, seperti tes darah dan lainnya, belum tentu kanker ovarium akan langsung dideteksi. Walaupun udah dilakukan pemeriksaan panggul, dokter biasanya belum bisa memastikan jenis tumornya sampai benar-benar tumor itu membesar.

Yak itulah beberapa hal tentang kanker ovarium yang penting untuk diketahui, terapkan pola hidup sehat agar kita bisa terhindar dari penyakit mematikan ini.

Diet Sehat Ala Artis Korea yang Bisa Menjadi Pilihan Program Dietmu!

Kamu penggemar drama korea? Atau suka ngikutin perkembangan musik-musik dari Korea seperti girlband dan boyband-nya? Kalo iya, kamu pasti udah paham betapa ‘dewa’-nya tubuh mereka. Hampir semua artis mulai dari aktor sampai penyanyi-nya, memilik bentuk tubuh yang jadi ‘body goals’ setiap orang di muka bumi, khususnya para kaum hawa.

Liat aja cewek-cewek di negeri ginseng itu, mereka nggak tanggung-tanggung melakukan operasi plastik hanya untuk mendapatkan wajah dan tubuh yang diinginkan, tanpa harus melakukan hal-hal ribet seperti diet ketat itu. Diet sehat ala artis Korea bukan jadi nggak mungkin loh ya, karena beberapa artis di sana nggak melulu mengandalkan operasi plastik, banyak dari mereka yang mau diet untuk keindahan tubuhnya.

Macam-macam diet ala artis Korea, dari yang simpel, sampai yang ekstrim, tapi tenang, semuanya tetep diet sehat

1.Diet ala girband Girls Generation
Girlband ini popularitasnya udah sampai mendunia, tentunya karena menjadi sorotan kemanapun langkahnya pergi, para personelnya pun harus selalu tampil memukau. Kalo kamu penggemar musik K-pop, pasti kamu udah hafal bentuk badan personel girlband ini yang aduhai, diet sehat ala artis Korea yang satu ini rupanya, dibalik tubuh indah nan ideal itu, ada cara diet yang tersembunyi.

Mereka harus mengkonsumi makanan dengan jumlah total kalori perharinya 1.500 kkal. Kalori segitu harus dibagi untuk 3 kali makan, kalo menurut pengalaman mimin, kamu nggak bakalan merasa kenyang kalo rela membagi kalorimu untuk cemilan juga. Ditambah dengan kegiatan ‘dancing’ mereka dan jadwal yang padat, konsumsi kalori segitu jelas mampu membuat badan mereka tetap langsing, yang jelas olahraga juga nggak ketinggalan.

2.Diet unik ala girlband Nine Muses
Girlband dengan diet sehat ala artis Korea yang unik ini, termasuk grup yang terkenal di Korea, dengan kemapuan bernyanyi dan menari yang memukau, mampu membawa grup ini terkenal. Oleh karena itu, mereka harus pandai menjaga tubuhnya tetap ideal. Dalam hal ini, mereka menggunakan metode diet yang unik. Mereka memanfaatkan ‘paper cup’ atau gelas kertas, untuk membatasi porsi makannya. Setiap kali jam makan tiba, mereka akan mengisi gelas itu dengan nasi, lauk pauk sehat, sayur dan buah tapi nggak sampai ujung gelasnya.

Jangan khawatir, kalo mengikuti diet ini, kamu tetep makan tiga kali sehari, jelas diet sehat ala artis Korea, kan? Jadi nggak harus nahan lapar yang berlebihan. Jangan lupa, sempurnakan juga diet sehat dengan olahraga yang teratur.

3.Diet ala Dasom SISTAR, yang sedikit ekstrim
Diet ini dilakukan dengan cara hanya mengkonsumsi tomat ceri, timun, buah, dan salad setiap harinya. Sang artis sendiri mengakui mampu kehilangan 7 kg beratnya, mengagumkan, ya? Tapi kalo kamu merasa diet ini terlalu berat, jangan dipaksakan, masih banyak jalan menuju Roma, dan sebaiknya tanyakan dengan ahli gizi diet apa yang cocok untukmu.

Bosan Dengan Gaya Rambut Anda? Cobalah 5 Jenis Kepang Rambut Dibawah

Ada banyak cara yang bisa and alakukan untuk menata rambut anda agar dapat menunjang penampilan anda tersebut. Selain menggerainya atau dengan ikatan ekor kuda, anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengepang rambut anda. Kepang rambut ini dijamin akan membuat penampilan anda berbeda dan akan terlihat lebih rapi.

Jenis kepang rambut popular

Bagi anda seorang pemula yang akan mengepang rambut, tentunya anda akan menemukan banyak kebingungan. Pasalnya kepang sendiri ternyata memiliki beberapa jenis yang perlu anda ketahui. Anda mungkin akan mendengar istilah French braid hingga dutch braid bukan? Tatanan rambut ini sebenarnya telah ada sejak zaman kuno bahkan pada awal perkembangannya tatanan rambut kepang bisa menentukan status social seseorang lho.

Tetapi seiring dengan adanya perkembangan zaman, rambut kepang seakan menjadi tren tersendiri terutama dalam dunia fashion. Bagi anda seorang wanita yang sedang mencari jenis kepang rambut yang tepat, anda bisa membaca uraian dibawah ini

1.Three strand plait 
Three strand plait ini merupakan jenis kepang yang paling popular di dunia bahkan menjadi kepang rambut paling dasar. Caranya adalah dengan membagi rambut anda menjadi 3 bagian. Dan buatlah jalinan dengan memindah-mindahkan rambut ke kiri dan ke kanan secara bergantian.

2.French Braids
Ini adalah istilah kepang yang sering anda dengar bukan? Pada awal perkembangannya, jenis kepang yang satu ini tidak disebut dengan French braids melainkan French fries. Sebenarnya, jika dilihat gaya rambut seperti ini hampir sama dengan gaya rambut sebelumnya tetapi yang membedakannya adalah teknik pengepangannya dilakukan dari pangkal rambut dengan mengambilnya sedikit demi sedikit.

3.Fishtail Braids
Jenis kepang rambut popular yang selanjutnya adalah fishtail braids. Kepang rambut ini memang memiliki bentuk menyerupai ekor ikan. Jika sebelumnya, membagi rambut menjadi 3 bagian, maka untuk jenis kepang yang satu ini hanya 2 bagian. Dimana anda bisa mengambil sedikit demi sedikit rambut anda ke kanan dan dijalinkan kedalam.

4.Dutch Braids
Dutch braid ini sebenarnya memiliki kesamaan tampilan seperti French braids, tapi yang membedakannya adalah bagaimana cara menjalin bagian-bagian rambut tersebut. Pada dutch braid ini, anda bisa menjalin rambut anda melalui bawah. Sehingga kepangan yang dihasilkan akan lebih timbul.

5.Upside down braid
Teknik yang satu ini sebenarnya adalah perkebangan dari French braid tetapi caranya adalah dengan dibalik. Ini berarti anda harus mulai mengepang rambut anda dari bawah ke atas. Untuk melakukannya, anda perlu untuk menundukkan kepala. Tetapi itupun cukup sulit. Sangat disarankan untuk meminta bantuan dari orang lain

Demikian jenis kepang rambut popular yang bisa anda pilih. Tips mudah agar kepangan anda terbentuk dengan rapi adalah jangan lupa melembabkan rambut anda seperti dengan menyemprotkan air ataupun memberikan nustrisi rambut seperti pelembab rambut.

Tips Merawat Rambut Keriting Untuk Memaksimalkan Penampilan Anda

Memiliki rambut keriting terkadang akan membuat anda mempunyai keterbatasan dalam menatanya bahkan bisa dibilang serba salah. Pasalnya penataan yang salah bisa menimbulkan rambut anda tampak seperti singa. Bagi anda yang memiliki masalah dengan penataan rambut keriting, sebenarnya anda tidak perlu khawatir. Ulasan dibawah ini dijamin akan memberikan inspirasi anda.

Tips dan menata rambut keriting cantik kamu dengan baik

Tips menata rambut keriting memang harus anda ketahui jika anda ingin mendapatkan penmpilan yang rapi dan anti mengembang. Kendati demikian anda memang dituntun untuk sabar dalam menawatrambut keriting anda ini. Langsung saja, dibawah ini adalah tips terbaik untuk anda yang ingin menata rambut keriting dengan baik.

1.Gunakan sisir bergigi jarang
Sisir dengan gigi yang terlalu dekat untuk rambut keriting harus anda hindari segera. Hal ini tidak lain karena jenis sisir seperti ini justru akan merusak rambut anda sendiri loh. Itulah mengapa solusi terbaiknya adalah dengan mempertimbangkan menggunakan sisir yang memiliki gigi yang jarang. Sisir ini mampu membantu anda untuk menguraikan rambut kusut anda dengan mudah dan bisa menghindari adanya kerontokan rambut.

Selain itu, dalam menyisir rambut sebaiknya anda juga harus berhati-hati. Anda harus menghindari menyisir rambut dari akar rambut. Menyisir rambut dari akar ini ternyata dapat membuat rambut anda rontok.

2. Berikan rambut anda deep conditioner
Untuk menjaga rambut keriting anda agar tetap halus dan lembut, sebaiknya sebelum mandi anda bisa menggunakan deep condisioner pada rambut. Tutup rambut anda dengan menggunakan shower cap. Hal ini untuk menghindari agar rambut anda tidak basah terkena air. Selain itu, uap dari mandi ternyata juga dapat membantu rambut anda untuk menyerap vitamin dari condisioner dengan mudah.

3.Ketika memberikan condisioner, sebaiknya langsung sisir rambut anda
Kebanyakan dari orang akan lebih memilih untuk menyisir rambut ketika conditioner sudah kering. Padahal ini salah loh. Sebaiknya anda bisa segera menyisir rambut sehabis mengoleskan kondisioner pada rambut anda. Hal ini ternyata bermanfaat untuk menjaga rambut anda agar tetap lembab.

4.Hindarilah membilas bersih conditioner
Tips merawat rambut keritinng yang selanjutnya adalah hindarilah untuk memilas bersih condisioner yang anda terapkan sebelumnya. Anda bisa membiarkan sisa kondisioner menempel pada rambut anda. Hal ini ternyata berguna agar rambut anda tetap lembab sehingga rambut tidak mudah untuk keluar

5.Cobalah campurkan conditioner dengan shampoo
Untuk membuat rambut keriting anda terasa lebih halus. Anda bisa menggunakan shampoo yang dicampurkan dengan conditioner sedikit. Campuran ini sendiri ternyata bisa berfungsi untuk menjaga kelembapan pada rambut anda.

Demikian beberapa tips merawat rambut keriting untuk anda. Jika anda ingin terlihat tampak rapi dengan rambut anda, cobalah untuk mencepol rambut anda hingga ke atas.

4 Tips Memilih Anting Untuk Pemilik Wajah Bulat, Anda Akan Semakin Pede

Ada banyak aksesoris untuk wanita yang mampu menunjang penampilan mereka. Salah satunya adalah anting. Anting ini seakan menjadi fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap kaum hawa. Saat ini ada berbagai macam anting yang bisa anda pilih untuk menunjang penampilan anda tersebut. Kendati terlihat mudah, tetapi anda juga perlu berhati-hati ketika akan memilih fashion item yang satu ini.

Tips memilih anting untuk wajah bulat

Kenapa anda harus berhati-hati? Pasalnya tidak semua bentuk anting yang anda pilih tersebut cocok dengan bentuk wajah anda. Itulah mengapa dalam memilih anting, selain memilih anting yang sesuai dengan kebutuhan, anda juga bisa mempertimbangkan anting yang sesuai dengan bentuk wajah anda. Dengan demikian maka penampilan anda akan semakin sempurna.

Langsung saja simak beberapa tips memilih anting untuk pemilik wajah bulat dibawah ini yang bisa membuat anda lebih pede.

1.Hindarilah anting dengan bentuk melebar
Jika anda memiliki wajah bulat, anting dengan bentuk yang melebar agaknya harus anda hindari jauh-jauh. Hal ini tidak lain karena bentuk anting seperti ini justru akan membuat bentuk wajah anda semakin melebar. Kalau anda pemilik wajah oval, tidak mengapa untuk menggunakan anting dengan bentuk melebar ini.

2.Katakan tidak untuk anting berbentuk bulat
Selain anting dengan bentuk melebar yang harus anda hindari, sebaiknya anda juga bisa menghindari anting dengan bentuk bulat. Ini merupakan rekomendasi oleh banyak ahli pasalnya bentuk bulat tersebut juga akan membuat bentuk wajah bulat anda semakin terlihat tegas. Ada beberapa model anting yang bisa anda pilih seperti segitiga ataupun kotak yang membantu anda menyamarkan bentuk wajah.

3.Cobalah  menggunakan dangles earrings
Jika anda sedang mencari anting yang cocok untuk pemilih wajah bulat, cobalah pilih anting dangles earrings ini. Ini merupakan jenis anting yang menjuntai sampai ke bahu anda. Tetapi anda tetap harus menghindari akses bulat ataupun lebar ya. Jenis anting yang satu ini sebenarnya lebih cocok untuk digunakan ketika anda akan pergi ke acara resmi seperti pesta pernikahan.

4.Teardropds earrings
Masih ada lagi rekomendasi anting wanita untuk wajah bulat yang bisa anda pilih yakni teardrops earrigs. Ini merupakan anting yang memiliki bentuk layaknya tetesan air mata. Biasanya akan hadir memanjang dengan tali anting khusus. Bentuk anting seperti ini juga bisa anda manfaatkan untuk pemilik wajah bulat.

Jenis anting seperti ini sangat cocok anda gunakan ketika akan menghadiri sebuah pesta. Kesan elegan dan feminism akan terpancar melalui anting ini.

Demikian tips memilih anting untuk pemilik wajah bulat yang harus anda perhatikan dengan baik. Walaupun kelihatannya sepele, tapi untuk mendapatkan penampilan yang sempurna, anda bisa menggunakan tips diatas.