Menu

Indikator MACD dan Keuntungannya yang Wajib Anda Ketahui

Suka kegiatan trading? Tentu ada banyak metode atau indikator yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan keuntungan yang akan anda dapatkan bukan? nah, salah satu jenis indikator yang bisa anda jadikan sebagai pedoman ketika melakukan trading adalah indikator MACD. Jenis indikator ini bisa menjadi pilihan selain indikator RSI.

Tidak hanya itu saja, ada banyak alasan mengapa banyak trader yang menggunakan indikator yang satu ini seperti cukup mudah untuk digunakan dan sederhana untuk para pemula. Tidak bisa dipungkiri apabila jumlah indikator yang terdapat didalam forex ini memang seringkali membuat para trader bingung dalam menentukan pilihan.

Pengertian indikator MACD

Pengertian indikator MACD

Jika anda bingung, maka indikator MACD ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk para trader khususnya bagi para pemula. Indikator MACD atau moving average convergence divergence merupakan sebuah memon dan trend following indikator dimana akan memberikan informasi sesuai dengan hubungan 2 buah moving average.

Di dalam indikator ini pun juga terdapat beberapa komponen pentingnya yang wajib untuk anda ketahui, diantaranya adalah

1. MACD line

Garis MACD ini sendiri menjadi jantung dari indikator dan garis ini sendiri nantinya didapatkan dari pengurangan exponential moving average selama 26 hari atau 21 hari. Secara umum, ini merupakan moving average crossover system yang terdapat didalam satu garis.

Tidak hanya itu saja, apabila nanti terdapat adanya deadthcross maka ada kemungkinan besar terjadi pembalikan arah menjadi downtrend. Ini sama saja apabila MACD line bergerak negative maka kemungkinan besar terjadi trend reversal.

2. Signal line

Komponen lainnya yang terdapat didalam indokator MACD adalah signal line atau garis sinyal ini dimana dihitung bersadarkan exponential moving average dengan periode 9 hari. Signal line ini pun juga mempunyai peran yang penting seperti MACD line.

3. MACD histogram

Macd histogram ini sendiri dihitung dari pengurangan MACD line dengan signal line. MACD line ini bisa dibiang sebagai turunan dari MACD line dan signal line. Dimana tidak banyak memberikan informasi yang penting kepada anda.

Keuntungan menggunakan indikator MACD

Buat yang suka trading menggunakan indikator yang satu ini, ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah.

1. Membantu untuk mengetahui trend pasar yang sedang terjadi

Keuntungan pertama yang bisa anda peroleh dengan menggunakan indikator ini adalah membantu anda untuk mengetahui trend seperti apakah yang tengah terjadi. Sebagai contohnya, apabila nilai dari MACD negative atau dibawah nol maka pasar sedang mengalami bearish.

2. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual

Keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan adalah untuk mengetahui kapankah waktu yang tepat untuk membeli atau menjual. Saat anda akan membeli maka MACD line akan memotong signal line dari bawah untuk menuju ke atas. Sedangkan apabila anda harus menjual, maka MACD line memotong signal line dari atas ke bawah.

3. Digunakan untuk mengetahui kekuatan trend

Bukan hanya itu saja, MACD indicator juga bisa digunakan untuk mengetahui kekuatan sebuah trend terutama menggunakan MACD divergence. Dengan cara inilah maka anda juga bisa melakukan analisa terhadap sebuah trend dan menentukan waktu yang tepat untuk entry.

4. Mudah digunakan

Keuntungan terakhir yang bisa anda gunakan dengan memanfaatkan indikator ini adalah mudah digunakan dimana memberikan anda kemudahan mengukur momentum maupun waktu untuk membeli dan menjual.

Buat anda yang menyukai kegiatan trading, indikator MACD ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda. segera lakukan trading di tempat terpercaya dan recommended untuk anda.