9 Mei 2024

Mendengar tentang usaha bisnis pulsa, tentu yang ada di gambaran orang adalah bisnis yang mudah dilakukan. Namun, jika ditelaah lebih jauh, maka terdapat beberapa risiko jualan pulsa yang bisa dialami.

Apabila Anda tidak memperhatikan faktor risiko tersebut, maka usaha pulsa yang dijalankan akan susah berkembang. Oleh karena itu, kenali dan pahami risiko tersebut sebelum Anda memulai bisnis pulsa.

Lalu, sebenarnya apa sajakah risiko yang dapat dialami saat menjalankan bisnis pulsa? Untuk Anda yang berminat ingin mulai usaha konter pulsa, maka bisa perhatikan beberapa risikonya seperti berikut ini.

Mengenal Risiko Jualan Pulsa dan Kuota Internet

Seperti halnya bisnis lainnya, jualan pulsa juga mempunyai risiko yang harus dihadapi. Berikut ini adalah beberapa macam risiko yang dapat terjadi pada saat Anda terjun ke dalam dunia bisnis pulsa dan kuota internet.

1. Salah Pilih Distributor

Risiko pertama dalam bisnis pulsa adalah terjadinya kesalahan dalam memilih distributor pulsa. Hal semacam ini pastinya sering terjadi apabila Anda kurang jeli dalam mencari distributor terbaik dan terpercaya.

Untuk menghindari hal seperti ini terjadi, Anda dapat melakukan riset ataupun mencari tahu lebih jauh tentang kualitas dari distributor. Hindari untuk terburu-buru bergabung ke distributor tertentu sebelum Anda mencari tahu track record riwayatnya.

2. Banyak Pelanggan yang Hutang

Risiko lain yang biasa dialami oleh para pebisnis pulsa dan kuota adalah adanya pelanggan yang berhutang. Hal seperti ini tentu tidak akan menjadi masalah berarti apabila hanya satu atau dua orang saja yang mengutang.

Namun, jika hutang-hutang tersebut terus bertambah, maka bisa saja dapat memengaruhi keseimbangan bisnis Anda. Pasalnya, uang-uang dari pelanggan yang harusnya dijadikan modal tidak kunjung untuk Anda terima.

Hal seperti ini sangat berbahaya bagi pebisnis yang mempunyai modal terbatas. Untuk itu, dalam memberikan piutang pembayaran pulsa, Anda juga harus memperhitungkannya dengan matang agar tidak merugi.

3. Risiko Gangguan Server

Risiko lainnya saat Anda bisnis jualan pulsa adalah adanya gangguan pada server. Hal ini tentu sangat memengaruhi aktivitas transaksi baik pulsa maupun kuota internet yang dibeli oleh pelanggan.

Pada saat server sedang gangguan membuat Anda tidak dapat melakukan pengiriman pulsa ataupun internet. Tentunya, itu juga membuat Anda tidak dapat memperoleh pemasukan pada saat masalah tersebut terjadi.

4. Keterlambatan Pengiriman Pulsa dan Kuota

Dalam menjalankan bisnis pulsa, kualitas server distributor pulsa menjadi hal yang sangat penting. Hal itu karena jika Anda memilih server yang buruk, maka pengiriman pesanan dari pelanggan bisa lambat atau bahkan gagal kirim.

Apabila hal tersebut terjadi, mau tidak mau Anda harus memberikan penjelasan kepada pelanggan. Berikanlah pengertian dengan penyampaian yang baik agar para pelanggan tidak merasa marah dan dirugikan oleh Anda.

5. Keuntungan Kecil

Risiko terakhir yang perlu Anda ketahui pada bisnis pulsa ini adalah jumlah margin keuntungan yang didapatkan jumlahnya kecil. Umumnya, para pebisnis pulsa hanya mengambil keuntungan mulai dari 1000 sampai paling besar 5000 rupiah saja.

Nah, untuk bisa mendapatkan penghasilan yang besar, maka kuncinya adalah melakukan penjualan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, agar bisa menarik banyak pembeli, Anda bisa mencoba strategi marketing yang baik dan juga tepat.

Dengan mengenal berbagai macam risiko jualan pulsa di atas, Anda tentu bisa lebih cermat dalam saat menjalankan bisnis. Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih distributor pulsa berkualitas seperti dari rajapulsa.id.