Menu

Mata Mulai Buram Saat Melihat Objek Jauh? Inilah Penyebab Rabun Jauh Tersebut

Rabun jauh adalah sebuah gangguan pada mata dimana akan mengakibatkan anda kesulitan untuk melihat objek yang berada di kejauhan dengan jelas. Rabun jauh ini juga dikenal dengan myopia atau mata minus dimana penderitanya mengalami penurunan pada penglihatan. Tingkat keparahan yang dialami oleh penderitanya juga berbeda-beda. Untuk anda yang penasaran apa penyebabnya, simak ulasan dibawah ini.

Penyebab mata minus paling umum 

Rabun jauh ini memang dapat menyerang siapapun baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Adapun gejala-gejala umum yang bisa mengindikasikan bahwa anda terkena mata minus ini adalah pandangan anda mulai kabur ketika melihat objek yang jauh, anda akan sering menyipitkan mata untuk melihat benda jauh tersebut bahkan anda mungkin tidak menyadari apabila ada objek yang ada dikejauhan.

Pada umumnya, gejala mata minus tersebut mungkin akan semakin parah seiring dengan adanya pertambahan usia. Untuk anda yang ingin menghindari mata minus, sebaiknya anda bisa menyimak beberapa penyebab rabut jauh.

1.Akibat factor genetis 
Penelitian mengungkapkan apabila factor genetis juga bisa mengakibatkan seseorang terkena rabun jauh ini. Sebagai contohnya apabila anda memiliki orangtua yang terkena mata minus maka kemungkinan anda juga akan terkena mata minus tersebut. Tetapi penyebab yang satu ini jarang dialami oleh banyak orang.

2.Melakukan aktivitas dengan jarak pandang yang sama
Penyebab rabun jauh yang berikutnya adalah terlalu lamanya anda melakukan aktivitas dengan jarak pandang yang sama bahkan hampir setiap hari. Salah satunya adalah bekerja didepan computer. Untuk anda yang bekerja didepan computer setiap hari, maka ada baiknya untuk segera mengistirahatkan mata anda dari computer.

3.Melakukan aktivitas yang dekat dengan objek 
Kebiasaan melakukan aktivitas yang terlalu dekat dengan objek ternyata juga bisa mengakibatkan anda terkena rabun jauh. Seperti ketika anda terlalu dekat saat menonton tv, bekerja didepan computer, bermain ponsel hingga yang lainnya. Aktivitas tersebut tentu akan membuat mata anda harus bekerja dengan lebih bukan?

4.Memiliki kebiasaan yang buruk 
Adapun penyebab lainnya yang mampu meningkatkan risiko terkena rabun jauh ini adalah kebiasaan buruk yang tetap anda jalani seperti membaca sambil tidur atau dengan cahaya yang redup, membaca dibawah sinar matahari langsung dan kebiasaan buruk lainnya.

5.Tingkat di daerah yang sempit dan sesak 
Penyebab yang satu ini mungkin tidak terlalu dihiraukan oleh banyak orang. Tetapi tahukan anda apabila seseorang yang tinggal didaerah yang sempit beriisko terkena rabun jauh? Hal ini tidak lain karena pandangan anda yang cenderung terbatas akibat kepadatan daerah yang anda tinggali tersebut.

Selain kelima penyebab rabun jauh diatas, penyebab lainnya adalah kurangnya asupan gizi seperti makanan yang mengandung vitamin A, zeaxantin, lutein dan lainnya. Itulah mengapa agar pandangan tetap sehat, anda harus menjaga mata anda dengan baik.