Menu

Tetap Sehat Selama Pandemi, Begini Tips Bersepeda yang Aman

Sejak pandemi mulai ditetapkan, Indonesia menyesuaikan peraturan yang berlaku dengan memberlakukan sistem daring untuk kegiatan pembelajaran sekolah dan WFH bagi para karyawan perusahaan.

Artinya, waktu berada di rumah jauh lebih lama dari biasanya. Tak dipungkiri, aktivitas fisik pun menjadi sedikit berkurang. Hal ini karena sebagian besar orang cenderung merasa malas ketika dituntut seharian di rumah untuk bekerja atau belajar tanpa diimbangi dengan kegiatan lain yang menarik, seperti olahraga.

Beruntungnya, Indonesia mulai menerapkan new normal sehingga aktivitas keluar rumah sedikit lebih longgar meski harus mematuhi protokol kesehatan.

3 Cycling Di Masa Pandemi, Hindari Berkelompok

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan rutinitas baru, bersepeda adalah ide yang bagus. Luangkan waktu weekend Anda untuk mencari udara segar dengan memperhatikan tips cycling sehat berikut ini.

Hindari Bersepeda secara Berkelompok

Bersepeda adalah salah satu bentuk olahraga yang menghasilkan keringat. Jadi, Anda bisa melakukannya sendiri atau berkelompok biar lebih seru. Akan tetapi, mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir, sebaiknya hindari kebiasaan bersepeda secara berkelompok. Tujuannya untuk mencegah penularan virus Corona. Kalaupun hendak bersepeda bersama, tetaplah menjaga jarak minimal satu meter.

Gunakan Helm, Masker, dan Sarung Tangan

Kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker. Begitupula dengan kegiatan bersepeda yang tak luput dari penerapan protokol kesehatan. Jangan lupa, lengkapi safety dengan menggunakan helm dan sarung tangan biar tetap aman.

Bawa Botol Air Minum

Berkeringat menyebabkan tubuh dehidrasi jika tidak diganti dengan asupan air minum. Oleh karena itu, bawalah botol air minum saat bersepeda.

Jangan Terlalu Banyak Mengeluarkan Tenaga

Meskipun dituntut menggunakan masker saat bersepeda, sebenarnya hal tersebut sangat mengganggu pernafasan seseorang. Apalagi, aktivitas ini menimbulkan ritme nafas menjadi lebih cepat dari biasanya. Maka, janganlah terlalu bertenaga dan tetap jaga energi tubuh supaya tetap terhidrasi.

Bersihkan Permukaan Sepeda yang Sering Disentuh

Sepulang bersepeda, jangan lupa bersihkan semua permukaan dan peralatan sepeda. Hal ini mencegah virus yang menempel masuk ke rumah. Begitupula dengan pakaian dan tubuh Anda yang harus segera dibersihkan.

Nah, sangat asyik bukan bersepeda di tengah aktivitas belajar ataupun pekerjaan yang menjenuhkan? Biar tubuh lebih sehat, pastikan melakukannya secara rutin ya!