28 Juni 2024

Banyak orang mengira bahwa pesan makanan online biasanya harus merogoh kocek lebih dalam. Padahal, ada kok tips buat menghemat pengeluaran. Cek di artikel ini!

Tren pesan antar makanan memang setiap tahunnya meningkat pesat, terutama di kalangan milenial. Berdasarkan hasil survei dari IDN Times, orang yang sering order makanan via gadget adalah mereka yang berusia antara 21-25 tahun.

Tips Memesan Makanan secara Online

Meski begitu, cukup banyak orang yang melakukan kesalahan ketika order makanan online. Salah satu kesalahan yang banyak orang lakukan adalah memesan makanan dengan harga terlalu mahal.

Padahal sejatinya Anda bisa mendapatkan makanan dengan harga yang lebih murah. Supaya bisa menghemat pengeluaran, berikut ini berbagai tips order makanan secara online yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih Outlet Terdekat

Daripada memilih outlet yang jauh, sebaiknya Anda pilih outlet yang dekat dengan tempat tinggal. Mengapa demikian? Karena semakin dekat jaraknya, maka harga ongkirnya bisa lebih murah.

Sebagai contoh, jika Anda pesan makanan yang jaraknya sangat jauh bisa menghabiskan Rp25.000. Tetapi, jika jaraknya dekat mungkin Anda hanya cukup membayar Rp15.000 atau bahkan Rp10.000 saja. Hemat banget bukan?

2. Manfaatkan Promo

Anda bisa memanfaatkan promo saat pesan makanan online supaya tidak terlalu mengeluarkan banyak uang. Misalnya, suatu rumah makan mengadakan promo makanan paket bukber gratis satu gelas es teh.

Cukup dengan membayar makanannya saja, Anda sudah mendapatkan sekaligus dengan minumannya. Namun. berhati-hati dan bijaklah dalam menyikapi promo, sebab belum tentu bonus tersebut memang Anda butuhkan.

Promo makan nasi ayam gratis es teh, tetapi Anda sedang flu, tentu saja hal ini menjadi tidak berguna. Pada akhirnya minuman tersebut mubazir karena tidak Anda minum.

3. Manfaatkan Diskon

Inilah salah satu cara hemat memesan makanan online yang paling efektif yaitu diskon. Dengan potongan harga, tentu saja Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Tetapi, Anda tetap harus cermat melihat diskonnya. Jangan sampai Anda mendapatkan potongan harga yang ternyata harga setelah diskon sama seperti aslinya.

Misalnya, makanan tersebut harga aslinya memang Rp20.000, tetapi penjual menjualnya seharga Rp40.000 dengan diskon 50%. Kalau begini, apa bedanya?

4. Pesan Berdua

Cara order makanan online yang hemat selanjutnya adalah dengan pesan berdua. Jadi, Anda patungan dengan teman untuk membeli makanan.

Atau bisa juga dia yang bayar biaya makanannya sedangkan Anda yang membayar ongkos kirimnya. Dengan begitu, uang yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips memesan makanan secara online. Melalui Ayomakan, Anda dapat mencari informasi restoran atau rumah makan terbaik sekaligus melakukan pemesan hanya dari gadget.

Anda juga bisa mendapatkan info promo dan diskon terbaik dari berbagai rumah makan secara up to date.