Menu

Bolehkah Anak Mengonsumsi Susu UHT Tiap Hari?

Susu Ultra Heat Treatment (UHT) merupakan susu yang lazim dijumpai sehari-hari. Jenis susu ini kerap ditemukan di kantin sekolah, warung eceran, minimarket hingga pasar swalayan. Selain harganya terjangkau, rasanya yang enak dan bervariasi menjadikan susu ini digemari oleh anak-anak. Kandungan nutrisi yang dimilikinya pun tidak kalah dibandingkan susu murni. Bahkan, dari segi kemasan susu UHT lebih unggul karena tahan lama dan mudah disimpan.

Karena keberadaannya yang sudah menyebar maka tidak heran jika susu UHT kerap menjadi konsumsi wajib bagi anak-anak. Bahkan kerap ada yang mengonsumsinya tiap hari secara rutin. Susu UHT sendiri ada yang dikhususkan untuk anak-anak dan orang dewasa sehingga banyak juga orang dewasa yang mengonsumsinya. Namun, apakah mengonsumsi susu jenis ini tiap hari aman bagi kesehatan khususnya bagi anak-anak?

Mengonsumsi Susu UHT Tiap Hari

Tips Mengonsumsi Susu UHT secara Aman

Sebenarnya aman atau tidaknya konsumsi susu UHT tergantung dari kebiasaan serta pola hidup. Susu UHT tetap aman walau dikonsumsi rutin tiap hari asalkan diimbangi dengan makanan bergizi. Susu walaupun kaya akan nutrisi tapi bukanlah produk yang bisa dikonsumsi secara berlebihan khususnya bagi anak-anak.

Produk susu yang beredar di pasaran umumnya telah ditambahkan berbagi zat seperti gula, perasa dan sebagainya sehingga bisa memicu masalah kesehatan jika diminum berlebihan. Agar anak Anda bisa tetap mengonsumsi susu UHT secara aman maka Anda perlu melakukan berbagai langkah kecil guna mengatur konsumsinya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Jika kebutuhan nutrisi anak Anda sudah terpenuhi melalui berbagai makanan yang dikonsumsinya, Anda tidak perlu memberikan tambahan susu. Pemberian susu kepada anak tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisi hariannya justru bisa membahayakan. Anak akan merasa kenyang sehingga sulit untuk makan dan menyebabkan pemenuhan asupan nutrisi penting lainnya terganggu. Hal ini justru bisa membahayakan pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu, sebaiknya atur konsumsi susu anak dan berikan lebih banyak sayur-sayuran serta buah-buahan.

2. Pilih susu yang tidak banyak mengandung gula

Sebelum membeli susu UHT, sebaiknya Anda membaca label gizinya secara teliti. Perhatikan bahan-bahan apa saja yang terkandung didalamnya. Ingat jika gula memiliki berbagai jenis sehingga Anda setidaknya harus tahu jenis gula yang sering ditambahkan pada makanan. Setiap gula juga memliki jumlah kalori yang berbeda-beda sehingga Anda juga harus benar-benar memahaminya. Jika salah memilih bisa jadi justru anak Anda akan mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan.

3. Batasi konsumsi

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi susu secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Idealnya anak-anak yang masih balita hanya mengonsumsi 300 ml susu saja. Jumlah tersebut setara dengan 1 gelas susu. Oleh karena itu, batasi konsumsi susu pada anak jika dirasa konsumsi susunya berlebihan.

Penting untuk Anda ingat, pilih produk susu UHT yang berkualitas seperti susu cair untuk anak Morinaga Chil Go yang diproduksi dengan teknologi tinggi. Susu cair ini diformulasikan khusus untuk anak-anak usia 1-12 tahun guna meningkatkan tumbuh kembang anak-anak. Susu ini dibekali dengan berbagai nutrisi seperti Kolin, zat besi, vitamin B kompleks, zink, vitamin serta kalsium tinggi yang berguna dalam perkembangan otak serta menjaga kekebalan tubuh.

Susu cair Morinaga Chil Go merupakan pilihan terbaik bagi ibu-ibu yang peduli dengan kesehatan dan tumbuh kembang anak. Hadir dengan berbagai variasi rasa yang enak serta nutrisinya yang lengkap membuat susu ini disukai oleh anak-anak dari berbagai usia. Bentuknya yang kecil dan pas digenggam sangat sesuai jika dimasukan ke dalam tas atau kotak bekal sebagai minuman sehat untuk dikonsumsi anak sehari-hari.