23 November 2023
Persamaan dasar akuntansi dan rumus

Salah satu materi dalam akutansi adalah persamaan dasar akuntansi yang dapat memberikan gambar besar berupa kekayaan perusahaan, hutang, dan juga besar modal perusahaan selama periode tertentu. Tak hanya itu saja persamaan dasar akuntansi juga dapat digunakan untuk pembukuan sederhana sebuah perusahaan.

Nah, agar lebih paham tengah persamaan dasar akuntansi, maka tak ada salahnya untuk menyimak ulasan singkat berikut ini.

Persamaan dasar akuntansi dan rumus

Pengertian Persamaan Dasar Akutansi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika persamaan dasar akuntansi adalah memproyeksi kekayaan, hutang, serta modal usaha yang dimiliki sebuah perusahaan. Keseimbangan atau balance adalah prinsip umum akutansi, jadi antara sisi pemasukan dan pengeluaran harus seimbang atau harus adalah keseimbangan antara harta yang dimiliki perusahaan dengan kewajibannya.

Nah, agar adanya keseimbangan tersebut maka harus dianalisis lebih dalam lagi dengan persamaan dasar akuntansi. Persamaan dasar ini pun akan digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangannya.

Dengan demikian maka persamaan dasar dalam akutansi harus dipahami oleh para ahli ekonomi dan para calon akutan

Prinsip Persamaan Dasar Akutansi

Lebih lanjut ada juga prinsip dalam persamaan dasar dari akutansi. Prinsipnya adalah menghubungkan antara harta perusahaan dengan hutan dan modal usaha secara sistematis. Harta atau aset perusahaan adalah aktiva dan hutang serta modal masuk dalam bagian pasiva.

Rumus Persamaan Dasar Akutansi

Terdapat juga rumus dalam persamaan dasar ini. Rumusnya adalah aktiva (harta) = hutang + modal (pasiva). Seperti sudah dijelaskan jika antara aktiva dan pasiva harus seimbang, jadi jika dalam sisi pasiva hutang semakin besar, maka akan mengakibatkan ketidakstabilan dalam bagian sisi aktiva.

Dengan adanya rumus ini maka jika ada terjadi transaksi yang tidak transparan atau tidak dilaporkan maka akan terlihat dengan rumus prinsip dasar tersebut. Agar terciptanya transparansi maka penting untuk melakukan auditing dengan konsep Good Corporate Governance.

Komponen Persamaan Dasar Akutansi

Anda juga pernah mengetahui komponen yang ada. Berikut ini adalah beberapa komponen dasar dalam persamaan dasar akuntansi.

1. Aset

Komponen pertama adalah aset yang merupakan sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan yang dapat diambil manfaatnya untuk masa mendatang. Aktiva atau aset bisa berupa gedung, kendaraan, serta uang kas baik uang tunai dan juga cek kontan.

Aktiva tersebut nantinya dapat bertambah seiring dengan pertumbuhan perusahaan. Lalu ad juga nilai penyusutan atau penurunan pada aset yang berbentuk barang seperti mesin. Hal ini lantaran mesin atau alat produksi bisa mengalami kerusakan sehingga dapat terjadi penurunan nilainya.

2. Liabilitas

Selanjutnya ada liabilitas atau kewajiban. Kewajiban ini adalah sejumlah dana yang dipinjam oleh perusahaan dari pihak lain yang wajib dilunasi sesuai dengan target waktu yang telah disepakati. Hutang menjadi salah satu bentuk kewajiban perusahaan.

3. Ekuitas

Aset yang dimiliki oleh pihak ketiga atau pemegang saham disebut sebagai ekuitas. Pemilik saham bisa meningkatkan hak kepemilikannya dengan cara menginvestasikan sejumlah dana ke perusahaan yang menjadikan nilai ekuitas bisa naik. Begitu pun sebaliknya ekuitas bisa berkurang apabila pemilik saham menarik dana dari perusahaan.

Itulah beberapa komponen persamaan dasar akuntansi. Jadi apakah anda sudah paham dengan persamaan dasar dalam akutansi? Nah, agar mendapatkan informasi lebih lanjut seputar akutansi maka anda dapat mengunjungi situs GuruAkuntansi.co.id. Ini merupakan salah satu situs yang memberikan berbagai informasi seputar akutansi sehingga anda dapat lebih memahami akutansi.