9 Mei 2024

Selain atap yang berupa genting untuk menutupi rumah dan melindungi dari hujan, hal lainnya yang dibutuhkan pemilih rumah adalah plafon. Plafon fungsinya sangat banyak, mulai dari mencegah jatuhnya kotoran secara langsung dari atap, plafon juga meminimalisir kebocoran rumah sebab rintik hujan yang berhasil lolos dan masuk ke genting akan ditahan oleh plafon.

Selain itu, ternyata plafon juga dapat memberi pengaturan suhu di dalam ruangan, sehingga ketika di luar sedang dingin atau panas, rumah tidak mengalami dampak yang ekstrem.

Melihat perkembangan rumah yang kini banyak menerapkan modern minimalis, berikut ini akan kita ulas tips memilih plafon rumah minimalis modern yang cocok untuk tempat hunian Anda.

Pemilihan Jenis Plafon untuk Rumah Minimalis Futuristik Modern

Rumah yang didesain secara minimalis dan terkesan modern juga harus memiliki plafon yang sesuai. Perhatikan jenis-jenis plafon berikut untuk menentukan pilihan Anda sebelum menentukan modelnya;

  1. Apabila ingin plafon dengan harga terjangkau dan mudah diganti, sebaiknya pilih yang bahannya triplek. Meskipun tampilannya kurang bagus, tapi Anda bisa memberinya plitur dan pewarna.
  2. Plafon dari fiber akan cocok untuk Anda yang ingin suasana sejuk di dalam rumah. Selain ringan seperti triplek, keunggulan lain adalah fiber semen ini tahan api dan tidak mudah rusak jika terkena air. Bahkan harganya pun tidak terlalu mahal. Sayangnya, serat fibernya tidak terlalu tahan benturan.
  3. Jika rumah Anda memiliki pelat beton, plafon yang tepat adalah plafon gypsum. Selain mudah dicari, plafon jenis ini memiliki ketentuan yang beraneka ragam. Harganya dari yang murah sampai mahal ada semua. Tinggal pilih sesuai selera.
  4. Sedangkan plafon yang kualitasnya paling bagus adalah palfon PVC. Anda bahkan bisa menerapkan penggunaan plafon ini di dalam maupun luar ruangan. Hanya saja, harganya memang paling mahal.

Model Plafon dengan Sekat untuk Lampu

Anda bisa memberi kesan hangat pada ruangan dengan memasang sekat atau pembatas pada lampu di dalam plafon. Selain memberi perasaan hangat, sekat yang dibuat di bawah plafon utama akan membuat ruangan Anda terasa lebih modern. Namun jika ingin memberi sekat, sebaiknya plafon dibuat polos dan usahakan ada penerangan lain supaya tidak terlalu gelap.

Plafon untuk Rumah Minimalis Oriental

Plafon dari kayu maupun gypsum bisa Anda terapkan pada rumah minimalis oriental. Namun, ketika memilih bahan kayu usahakan memberi plitur supaya tampilannya mengkilap.

Beri pula lampu dengan desain seperti lampion supaya lebih terkesan oriental. Selain itu, jangan lupa memasang lampu di dalam plafon supaya penerangan ruangan lebih maksimal.

Perpaduan Beberapa Jenis Plafon untuk Rumah Minimalis

Ketika Anda memiliki rumah dengan desain minimalis, jangan ragu untuk mengkreasikan plafonnya. Anda bisa membuat plafon dari perpaduan gypsum dan kayu yang dimodel sedemikian rupa. Hal ini dilakukan selain untuk penampilan interior, juga bisa menghemat biaya pengeluaran.

Plafon Sederhana dengan Desain Ruangan yang Hangat

Anda yang ingin ruangan tetap terlihat hangat meskipun antara plafon, lampu dan ruangan tidak memiliki sekat, menerapkan model plafon biasa juga tak masalah. Akan tetapi, pilih jenis lampu yang tidak terlalu terang dan warna tembok serta interior yang tidak mencolok, sehingga ruangan dapat terasa hangat.

Dapatkan harga desain rumah yang murah hanya di desainrumah.co.id.